Saturday, May 2, 2015

Wagon sudah ditinggalkan

Zaman dulu jenis kendaraan mobil pribadi itu ada beberapa jenis yaitu sedan (salon), hatch back, station wagon dan jeep. Kendaraan tersebut dipergunakan sesuai fungsinya. Perkembangan zaman kian maju sesuai teknologi dan kemajuan istilah otomotif.  Sekarang ini kita lebih mengetahui istilah yang disederhanakan jenisnya sbb:

MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah mobil serbaguna yang memiliki tempat duduk untuk 7 orang serta bagasi. Umumnya tempat duduk baris tengah dan belakang pada MPV dapat dilipat atau dilepas agar dapat memuat barang lebih banyak. MPV juga disebut minibus, minivan, people carrier, atau 7-seater.

SUV (Sport utility vehicle) adalah jenis kendaraan penumpang yang digabungkan dengan kemampuan membawa penumpang dan juga barang dengan kelincahan truk pickup.  Biasanya mobil yang digolongkan sebagai SUV dilengkapi dengan penggerak 4 roda agar bisa digunakan off-road. Meskipun begitu, banyak mobil SUV di Indonesia tidak dilengkapi dengan penggerak 4 roda. SUV yang dilengkapi dengan jajaran penggerak 4 roda.

Jenis yang terakhir ada istilah nya "crossover"

Kali ini yang di ulas adalah SW (station wagon)

Mobil jenis station wagon masih di produksi sampai sekarang juga walaupun di beberapa negara tidak populer. Nenek moyangnya MPV adalah SW station wagon.

Mungkin karena beberapa hal mempengaruhi jenis mobil ini hingga tidak popular saat ini.
Pertama station wagon sudah kalah pamor dengan MPV atau SUV
Kedua kontur jalan negara tersebut
Ketiga model nya sudah ketinggalan zaman.
Beberapa orang beranggapan jenis station wagon kuno dan lebih digemari oleh Ibu-ibu untuk pergi belanja ke pasar.
Kalau di terjemahkan jenis station wagon ini adalah sedan namun bagasinya ditutup konstruksi tambahan. Artinya tetap saja sebuah sedan yang posisi duduknya rendah. 
Namun bagi penggemar jenis ini tidak menjadi halangan untuk memiliki jenis station wagon. Anda masih bisa membawa banyak penumpang, bisa masuk barang dan nyaman dikendarai.(posisi duduk nya)


 Di negara-negara maju, jenis wagon masih digemari walau kalah bersaing dengan SUV karena konstruksinya yang tinggi.
Penyuka kecepatan, kenyamanan, muat barang akan tertarik dengan SW ini.
GTR pun punya model SW
Beberapa negara punya komunitas yang salah satunya karena hobbi dan melestarikan jenis SW ini.
Jika anda sudah berkeluarga dan masih gemar merasakan sensasi kecepatan berarti jenis SW ini cocok.
Sudah ada yang OEM memakai turbo atau supercharger.
.

No comments:

Post a Comment