Tuesday, June 16, 2015

3 kunci rahasia hidup yang langsung dirasakan

Jika Manusia terus mencari sesuatu yang hilang dalam dirinya kemungkinan seseorang sudah melupakan masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang. Ada 3 kunci rahasia dalam hidup untuk bisa masuk ke dalam pintu hati yang akan terasa pada saat hidup di Dunia ini. Terkadang kita melupakan hal-hal ini dan pada akhirnya bertanya-tanya, 

Kenapa? Kenapa? Kenapa?

Betapa tiga hal ini menjadi tolak ukuran bagaimana rasanya menjalani hidup yang sejatinya begitu ringan terasa baik secara bathin dan raga tentu disamping pengertian yang mendalam terhadap unsur spititual pada diri kita masing-masing.

IBU adalah kunci utama kebahagiaan, kesuksesan kita nanti. Setiap cinta dan kasih sayangnya kepada kita begitulah cinta Tuhan terhadap kita, setiap ucapan adalah doa yang selalu terdepan dan terdengar paling merdu oleh Tuhan. Betapa berat beban seorang Ibu ketika mengandung kita. Betapa ikatan bathin antara Ibu dan jabang bayi begitu kuat. Betapa ikhlas apapun yang Ibu lakukan buat anaknya. Ketika seorang Ibu memberikan air susunya, disitulah ada kekuatan sangat luar biasa dirasakan seorang Ibu. Ketika jabang bayi bergerak- gerak di dalam tubuh seorang Ibu maka tidak ada cinta dan sayang sebesar seorang Ibu bahkan rela hilang nyawa ketika seorang Ibu berjuang mengeluarkan kita dari perut Beliau. Jika dihitung dengan ukuran antara hidup dan mati setipis rambut Manusia. Dan ketika kita dewasa semua yang sudah kita tanam di masa lalu berupa kebaikan maka hasilnya bisa kita lihat nanti. Dán Tuhan tahu betapa berat perjuangan seorang Ibu oleh sebab itu kaum Wanita diciptakan dengan formula yang unik walaupun rapuh, lemah, halus namun di dalamnya begitu kuat dan bahkan air mata bukan hanya menunjukan betapa lemahnya mereka namun disitulah justru kekuatan mereka. Jagalah dan hormati Ibu mu. Hatimu akan ringan dan di berkahi oleh Tuhan seperti doa-doa yang seorang Ibu inginkan kepada anaknya. 
Kekuatan daripada bersedekah itu teramat dahsyat. Seseorang tidak akan menjadi miskin dan sempit hati nya ketika melaksanakan sedekah. Setiap Manusia diberikan perasaan yang luar biasa oleh Tuhan dengan cara bersedekah. Manusia mempunyai sifat saling menolong dan itu juga salah satu tujuan Manusia hidup selain sebagai seorang Pemimpin di muka Bumi ini. Ada kekuatan yang hebat yang tidak bisa di ukur dengan kekayaan melimpah karena semua itu takdir yang sudah diberi tanggung jawab oleh Tuhan. Untuk melaksanakan sedekah tidak harus menunggu kaya. Kaya itu relatif dan sukses pun relatif. Seseorang yang hebat dan kaya itu akan tampak dari hati nya bukan kemewahan di luarnya. Banyak mereka yang berlimpah harta tetapi masih mencari apa itu bahagia seolah semuanya tidak memberikan sesuatu kepadanya selain kehampaan dan kekosongan hati. Tidak ada benda atau apapun yang sanggup memuaskan hati Manusia sampai kapanpun, selain ikhlas memberi atau sedekah kepada anak yatim piatu, janda-janda tua dan kaum jompo yang tidak mampu. Manusia ditakdirkan untuk bersedekah baik berupa makanan, pakaian, uang dan lainnya dengan maksud juga membersihkan hati dan pikiran, meringankan kesialan, menolak gangguan jahat baik dari jin dan syaitan, melancarkan, menstabilkan hidup kita. Berniatlah dengan ikhlas bahwa sedekah bukan perhitungan sebuah angka dan berdasarkan ingin dipuji tetapi dari sanubari yang terdalam dan semua itu hubungannya antara diri kita dan Tuhan.
 
Tidak ada yang lebih baik selain menjadi diri sendiri. Setiap Manusia membawa takdirnya masing-masing. Setiap potensi dan kelemahan Manusia berlainan satu sama lainnya. Jika dalam hidup seolah bertentangan, gelisah mungkin kita sedang bermain dan memakai topeng orang lain. Jika kita merasa seseorang lebih unggul kita pun harus tahu bahwa di setiap diri Manusia ada kelebihan dan kekurangannya. Ada yang menyadarinya dan ada yang masih tersembunyi dalam dirinya yang belum di ketahui dan digalinya. Menjadi dan mengikuti seseorang sama dengan membunuh karàkter sendiri, menyia-nyiakan kesempatan terbaik yang mereka tahu dan ketika semuanya tidak diketahui maka timbullah pertentangan dengan bathin kita, keputusasaàn, keraguan. Bagaimana seseorang akan bisa mencintai dan mendapatkan cinta jika seseorang ini tidak bisa mencintai dirinya sendiri. Mungkin dengan bercermin dan berbicara dengan diri sendiri lalu bertanyalah bahwa jika kita seorang yang baik maka kita akan menjadi orang baik selamanya. Ketika kita menjadi diri sendiri maka kita bisa memahami kekuatan kita untuk maju. 

Ketiga kunci rahasia tersebut akan langsung dirasakan selama kita hidup di Dunia yang sebentar ini bahwa semuanya itu berkaitan dari masa lalu, sekarang dan masa depan. 

Simpanse sahabat Manusia

Ketika simpanse berbicara

"Senang juga bermain bersama adik-adik kecilku ini".
"Selfie dulu sob!"
"Kakek àku butuh bantuan mau diantar ke kamar mandi".
"Sahabatku sedang sakit, jadi aku melindungi nya"
"Indahnya persahabatàn tanpa pamrih"
"Aku ketika muda, pendiam, pemalu dan dungu"
"Ibu adalah segalanya buatku. Semoga suatu hari ku bisa membahagiakan Beliau". Unconditional love
"Jangan lupa Sholat sahabat!"
"Saya tidak punya tempat tinggal, keluarga saya tidak tahu dimana, mereka mengusir dan membawa kami"
"Friendship forever"
"Melukis adalah kegemaranku selain main catur"
"Saya tuna wisma dan tuna asmara"
"Jangan dengar gosip, jangan percaya sesuatu yang belum terbukti, mulutmu adalah harimau mu".

Power, power, power~Turbo~engine swap

Bagaimana jika kendaraan yang kita punya tampak biasa saja baik model dan performa nya atau kendaraan secara kosmetik sudah bagai kendaraan rally dan Anda ingin merubahnya menjadi kendaraan yang jika di jalan toll melaju kencang dan mengemudi di jalur kanan? Sebagian orang merasa tersisih dan risih jika sedang mengemudi di jalur kanan serasa sudah kencang kecepatannya dan jarum kilometer menunjukan kecepatan diatas seratus dua puluh namun kedipan lampu atau raungan klakson bunyi dibelakang kendaraan kita menyuruh untuk segera pindah jalur.
Bagi kendaraan yang berkapasitas mesin lebih besar sangat mudah menekan pedal gas dan melesat namun bagi kendaraan bermesin sedang dibawah 2000 cc tentu berat. Tidak ada jalan lain selain kendaraan tersebut harus rawat inap dulu di UGD. Caranya?


Untuk mulai me modifikasi mulai dari kekuatan mesin yang tentunya salah satu jalan terakhir yang mumpuni dan sebelum itu mulai dulu  dengan mengganti beberapa bagian ter-penting kendaraan tersebut. 
Segi pengapian seperti busi, aliran udara seperti saringan udara, exhaust atau pembuangan dan konstruksi lainnya. Tetapi penggantian hal-hal  itu hanya sedikit tingkat peningkatan nya. Lalu apakah yang paling signifikan? 

Turbo charger
Pendingin ~ Intercooler
ECU racing
Racing filter
Turbo timer

Turbo charger adalah tabung yang mampu mendongkrak tenaga mesin kendaraan secara spontan dan signifikan. Namun tidak hanya itu saja dan dikarenakan tenaga yang disemburkan melonjak drastis maka diperlukan sesuatu yang lebih baik yaitu:

Piringan rem dengan daya cengkram yang baik. Terkadang modifikator menganggap enteng  akan benda yang bisa menyelamatkan nyawa ini.
Ban mempeñgaruhi pada kendaraan kecepatan tinggi. Dibutuhkan ban dengan daya cengkram tinggi.
Selain semua itu bagian dari seni me modifikasi juga sangat berfungsi bagi kendaraan dan keselamatan pengemudi-nya. Sebelum Anda berniat memasang aplikasi ini, perlu diketahui tujuan Anda menggunakan perangkat turbo ini. Apakah untuk menambah tenaga untuk berkendara harian atau untuk hal yang lebih ekstrem, misalnya kompetisi. Tidak semudah itu kendaraan yang bermesin "Natural Aspirated" menggunakan turbo ini. Namun sudah banyak teknisi dan jenis turbo dijual dipasaran yang jika settingannya tepat mungkin tidak terjadi semacam turbo lag. beberapa kendaraan yang sudah mengadopsi turbo sebagai perangkat pabrikan pun kadang mengalami turbo lag. Bisa jadi karena daya turbo nya terlalu besar tidak sebanding dengan daya mesinnya, settingan tidak pas. Memasang turbo ini seperti mengerjakan soal matematika dan diagnosa pasien komplikasi.

Posisi duduk dan sabuk pengaman lima titik sangat diperlukan demi keselamatan bagi kendaraan cepat ini.
Salah satu hal yang mendukung kecepatan dari kendaraan itu adalah bobot nya. Bobot sangat berpengaruh walau sedikit saja mengalami beban berat. Bayangkan berapa kilo tabung tangki bahan bakar, engine hood, bagasi belakang, lampu utama, velg, jok depan.
Tidak heran kendaraan rally membuang perangkat yang berat, perangkat yang tidak diperlukan dan menggantikannya dengan yang ringan.
Untuk memuluskan pergerakan kendaraan maka body kit juga berpengaruh terhadap kestabilan dan arus angin kendaraan tersebut. Sayap belang bukan untuk menyimpan secangkir kopi namun dari segi aerodinamis berfungsi menyeimbangkan kendaraan dalam kecepatan tinggi di saat berjalan lurus.
Salah satu benda yang berat adalah kap mesin. Tidak heran diganti dengan bahan dari serat karbon.
Lalu jika Anda belum puas juga dengan perangkat turbo ini masih ada jalan menuju Roma yaitu:

Engine swap.
Inilah hal terakhir yang bisa Anda lakukan. Bisa Anda cari di tempat yang menjual mesin limbah atau bekas. Di negara maju banyak sekali tempat belanja rongsokan, mulai dari mobil utuh batas usia, suku cadang, mesin-mesin. Perlu ketelitian dan kesabaran belanja di tempat limbah ini. Jika kendaraan Anda merk A berkode A pastikan jenis yang akan di pasang sama merk nya dengan versi kencangnya yang tentu kodenya lain namun biasanya sudah ada perangkat turbo nya. Lebih bagus beli "half cut" nya. Perhatikan juga sejarah kendaraan itu. 
Untuk mengganti mesin memang biayanya mahal semahal biaya pemasangan yang rumit dan me modifikasi seperti ini juga membutuhkan biaya besar tetapi tidak sebesar Anda membeli Ferrari bukan?
Limbah mesin wajib diteliti, dibongkar dalamnya dan kalau bisa di tes dulu sehingga Anda tahu berapa biaya perbaikan dan suku cadang yang harus diganti. 
Half cut? 

Fakta dibalik kendaraan fenomenal ini

Kira-kira apa yang membuat jenis kendaraan ini begitu fenomenal di Tanah Air ini? Saya tidak bermaksud mengangkat "brand" ini hanya saja kagum dengan produk kendaraan yang satu ini begitu terkenal seperti sebuah produk minuman soda, makanan cepat saji atau sepatu olah raga yang sanggup bertahan berpuluh-puluh tahun dengan label yang sama. Begitu pas, tepat sasaran dan mengakar dalam ingatan. Toh merk atau jenis kendaraan ini bagi masyarakat biasa tidak tahu jika sebetulnya di dalam ajang kompetisi internasional cukup terkenal dan bagi mereka hanya sebuah nama lokal dan cukup lama berada di lingkungan mereka sehingga Kakek, Bapak dan cucu nya tahu keberadaan kendaraan ini. Padahal terlahir sebagai kendaraan pick up pengangkut sayur dan kayu. 
Mari kita kembali kepada masa lalu dengan memahami hal-hal berikut ini:

- Bahwa produsen merk kendaraan ini selalu memahami suatu konsep dan budaya dari negara tersebut. Sepertinya mereka mempelajarinya dengan baik dan menerima informasi dari dalam atau daerah setempat. Sesuatu yang akan di produksi disesuaikan dengan kontur alam, masyarakat, budaya dan segi per-ekonomianya. Bahkan nama produknya pun diambil dari hal yang sederhana negara tersebut. Inilah strategi kekuatan yang sanggup mempengaruhi pikiran konsumennya secara kejiwaan. Bagi mereka yang tidak mengerti teknik sederhana proses ini yang mereka gunakan menganggap produk tersebut begitu melekat bagai lahir dari Bangsa tersebut sehingga muncul semacam kebanggaan dan dari namanya saja sudah mudah di ingat.
- Lalu apa kelebihan dari produk kendaraan tersebut? Di masa lalu produk ini biasa-biasa saja. Sebuah kendaraan yang tinggal masukan kunci kontak, duduk dan injak pedal gas. Mesin nya pun sederhana. Bentuk desainnya yang kotak begitu sederhana sesuai jaman nya. Harganya bisa dibilang sesuai dengan kondisi perekonomian negara tersebut. Dari kota sampai desa selalu ada kendaraan tersebut. Mungkin salah satu keberhasilannya adalah bentuk desain nya yang mendukung dan inovatif. Saat itu pesaingnya tidak cukup baik dan sesuatu yang baru memang lebih menarik.
- Kendaraan ini terus ber evolusi dengan menggunakan emblem nama "Kijang". Padahal yang ada saat ini bermesin jenis 2000 cc nya sudah terbukti rakus peminum bensin, wajar saja kendaraan ber cc besar rakus namun tetap saja diminati. Walau versi diselnya muncul dengan suara yang kasar terdengar tetap saja diminati. 

Kemudian muncullah kendaraan lain yang dari segi ukurannya diperkecil disebut sebagai bayinya kijang. Kapasitas mesinnya juga diperkecil dan semenjak keluar bak kacang goreng. Apakah ini sebuah terobosan hebat? Saya kàtakan itu jenius sekali. Sekian puluh tahun berada di Tanah Air belajar membaca keinginan pasar terutama negara-negara ketiga. Mereka sangat mengerti bahwa di negara seperti ini membutuhkan kendaraan yang muat banyak orang, murah dan sederhana. Masyarakat di negara ini tidak suka yang rumit dan banyak aturan. Tidak perlu perangkat keselamatan yang modern, tidak perlu model enak dipandang, tidak perlu kursi yang empuk dan cukup dengan radio tape. Artinya biaya produksi bisa rendah dan bisa dijual dengan harga bersahabat.
- Terobosan dari pabrikan ini memang tepat waktu. Sebelumnya memang sudah hadir duluan jenis kendaraan pembawa penumpang yang muat 7 orang, namun sepertinya tidak inovatif terus bertahan di zona nyamannya yang akhirnya tergerus oleh ide-ide baru merk ini. Merk ini begitu lengket kepada semua lapisan mulai politikus, pejabat, pengusaha hingga petani. Bahkan dulu tahun 70 an orang tua saya mempunyai sedan Corona dan Land Cruiser atau hardtop. Betapa "brand" ini jauh hadir hingga saat ini.

Ketika saya survey secara sukarela dan acak kepada mereka yang belum atau berencana membeli kendaraan dari tingkatan masyarakat yang berbeda-beda sekitar 50 orang dan hampir 80% menjawab ingin membeli jenis kendaraan tersebut sebagai kendaraan pertama mereka dengan alasan yang paling dominan adalah "Brand", suku cadang murah, irit, tidak repot dan harga jual yang stabil. Saya berpikir betapa sulitnya bersaing dengan jenis kendaraan ini. Saudara perusahaan satunya juga terdongkrak penjualannya karena jenis kendaraan ini. Yang memang urusan mesin ditangani berdua. Bagai mata uang koin. Salah satu pesaingnya dan pesaing lainnya berupaya membuat hal serupa dengan nama lokal juga yang seharusnya harus lebih inovatif karena dari masa lalu dan prinsip perusahaan tersebut lain walaupun sejarahnya me legenda namun sulit mengejar image yang bertahan dalam pikiran masyarakat ini seperti membeli minuman mineral dengan sebutan "Aqua" padahal setelah saya test drive kendaraan se jenisnya tidak berbeda dengan jenis kendaraan ini bahkan merk terkenal penghasil kendaraan jenis luxuri kurang mampu menunjukan taringnya. Dan yang saya tahu bahwa masyarakat ini menyukai kendaraan yang agak tinggi bentuknya, dan itu sudah dibuktikan keberhasilan merk ini. Mungkin sebentar lagi akan muncul pembunuh jenis kendaraan ini yang secara desain dibuat serupa dengan ketinggian dan dimensi yang serupa. Pemikiran akan produk nama ini bagaikan "teman sejati". Tetapi sanggupkah pesaingnya mendahului atau paling tidak menyamai penjualannya? Apakah sesuatu itu akan melekat seperti perangko di hati masyarakat? Mungkin butuh waktu dan ramuan khusus yang tepat. Seperti bunyi iklan nya.

https://youtu.be/LRwQ2LunR6s

Kendaraan  ini bagaikan ikon negara kita yang sebetulnya banyak ditemui di beberapa negara Asia lainnya. Dan memang keberhasilan produsen merk kendaraan ini bisa dilihat di penjuru negara. Dan memang jenis ini hanya dipasarkan di beberapa negara Asia. Negara maju pun demikian, sebagai pemain besar yang dihormati dan disegani karena prestasi yang luar biasa. Ajang kompetisi Dunia selalu hadir misal F1, Dakar rally, WRC dan lainnya. Hanya saja saking terlalu mem bumi maka "brand" ini setiap kali keluar jenis kendaraan baru terasa biasa-biasa saja tidsk seperti sang legenda atau pembuat kendaraan yang diam-diam selalu mengejutkan. 
Akankah nama kendaraan ini dipertahankan generasinya nanti? Atau kah desain magik nya berubah? Akankah terus melesat bagai komet? Yang jelas ini sangat fenomenal di Tanah Air. Bagaimana jika dari awal tidak ada seseorang yang memikirkan jenis kendaraan ini?