Kira-kira apa yang membuat jenis kendaraan ini begitu fenomenal di Tanah Air ini? Saya tidak bermaksud mengangkat "brand" ini hanya saja kagum dengan produk kendaraan yang satu ini begitu terkenal seperti sebuah produk minuman soda, makanan cepat saji atau sepatu olah raga yang sanggup bertahan berpuluh-puluh tahun dengan label yang sama. Begitu pas, tepat sasaran dan mengakar dalam ingatan. Toh merk atau jenis kendaraan ini bagi masyarakat biasa tidak tahu jika sebetulnya di dalam ajang kompetisi internasional cukup terkenal dan bagi mereka hanya sebuah nama lokal dan cukup lama berada di lingkungan mereka sehingga Kakek, Bapak dan cucu nya tahu keberadaan kendaraan ini. Padahal terlahir sebagai kendaraan pick up pengangkut sayur dan kayu.
Mari kita kembali kepada masa lalu dengan memahami hal-hal berikut ini:
- Bahwa produsen merk kendaraan ini selalu memahami suatu konsep dan budaya dari negara tersebut. Sepertinya mereka mempelajarinya dengan baik dan menerima informasi dari dalam atau daerah setempat. Sesuatu yang akan di produksi disesuaikan dengan kontur alam, masyarakat, budaya dan segi per-ekonomianya. Bahkan nama produknya pun diambil dari hal yang sederhana negara tersebut. Inilah strategi kekuatan yang sanggup mempengaruhi pikiran konsumennya secara kejiwaan. Bagi mereka yang tidak mengerti teknik sederhana proses ini yang mereka gunakan menganggap produk tersebut begitu melekat bagai lahir dari Bangsa tersebut sehingga muncul semacam kebanggaan dan dari namanya saja sudah mudah di ingat.
- Lalu apa kelebihan dari produk kendaraan tersebut? Di masa lalu produk ini biasa-biasa saja. Sebuah kendaraan yang tinggal masukan kunci kontak, duduk dan injak pedal gas. Mesin nya pun sederhana. Bentuk desainnya yang kotak begitu sederhana sesuai jaman nya. Harganya bisa dibilang sesuai dengan kondisi perekonomian negara tersebut. Dari kota sampai desa selalu ada kendaraan tersebut. Mungkin salah satu keberhasilannya adalah bentuk desain nya yang mendukung dan inovatif. Saat itu pesaingnya tidak cukup baik dan sesuatu yang baru memang lebih menarik.
- Kendaraan ini terus ber evolusi dengan menggunakan emblem nama "Kijang". Padahal yang ada saat ini bermesin jenis 2000 cc nya sudah terbukti rakus peminum bensin, wajar saja kendaraan ber cc besar rakus namun tetap saja diminati. Walau versi diselnya muncul dengan suara yang kasar terdengar tetap saja diminati.
Kemudian muncullah kendaraan lain yang dari segi ukurannya diperkecil disebut sebagai bayinya kijang. Kapasitas mesinnya juga diperkecil dan semenjak keluar bak kacang goreng. Apakah ini sebuah terobosan hebat? Saya kàtakan itu jenius sekali. Sekian puluh tahun berada di Tanah Air belajar membaca keinginan pasar terutama negara-negara ketiga. Mereka sangat mengerti bahwa di negara seperti ini membutuhkan kendaraan yang muat banyak orang, murah dan sederhana. Masyarakat di negara ini tidak suka yang rumit dan banyak aturan. Tidak perlu perangkat keselamatan yang modern, tidak perlu model enak dipandang, tidak perlu kursi yang empuk dan cukup dengan radio tape. Artinya biaya produksi bisa rendah dan bisa dijual dengan harga bersahabat.
- Terobosan dari pabrikan ini memang tepat waktu. Sebelumnya memang sudah hadir duluan jenis kendaraan pembawa penumpang yang muat 7 orang, namun sepertinya tidak inovatif terus bertahan di zona nyamannya yang akhirnya tergerus oleh ide-ide baru merk ini. Merk ini begitu lengket kepada semua lapisan mulai politikus, pejabat, pengusaha hingga petani. Bahkan dulu tahun 70 an orang tua saya mempunyai sedan Corona dan Land Cruiser atau hardtop. Betapa "brand" ini jauh hadir hingga saat ini.
Ketika saya survey secara sukarela dan acak kepada mereka yang belum atau berencana membeli kendaraan dari tingkatan masyarakat yang berbeda-beda sekitar 50 orang dan hampir 80% menjawab ingin membeli jenis kendaraan tersebut sebagai kendaraan pertama mereka dengan alasan yang paling dominan adalah "Brand", suku cadang murah, irit, tidak repot dan harga jual yang stabil. Saya berpikir betapa sulitnya bersaing dengan jenis kendaraan ini. Saudara perusahaan satunya juga terdongkrak penjualannya karena jenis kendaraan ini. Yang memang urusan mesin ditangani berdua. Bagai mata uang koin. Salah satu pesaingnya dan pesaing lainnya berupaya membuat hal serupa dengan nama lokal juga yang seharusnya harus lebih inovatif karena dari masa lalu dan prinsip perusahaan tersebut lain walaupun sejarahnya me legenda namun sulit mengejar image yang bertahan dalam pikiran masyarakat ini seperti membeli minuman mineral dengan sebutan "Aqua" padahal setelah saya test drive kendaraan se jenisnya tidak berbeda dengan jenis kendaraan ini bahkan merk terkenal penghasil kendaraan jenis luxuri kurang mampu menunjukan taringnya. Dan yang saya tahu bahwa masyarakat ini menyukai kendaraan yang agak tinggi bentuknya, dan itu sudah dibuktikan keberhasilan merk ini. Mungkin sebentar lagi akan muncul pembunuh jenis kendaraan ini yang secara desain dibuat serupa dengan ketinggian dan dimensi yang serupa. Pemikiran akan produk nama ini bagaikan "teman sejati". Tetapi sanggupkah pesaingnya mendahului atau paling tidak menyamai penjualannya? Apakah sesuatu itu akan melekat seperti perangko di hati masyarakat? Mungkin butuh waktu dan ramuan khusus yang tepat. Seperti bunyi iklan nya.
Kendaraan ini bagaikan ikon negara kita yang sebetulnya banyak ditemui di beberapa negara Asia lainnya. Dan memang keberhasilan produsen merk kendaraan ini bisa dilihat di penjuru negara. Dan memang jenis ini hanya dipasarkan di beberapa negara Asia. Negara maju pun demikian, sebagai pemain besar yang dihormati dan disegani karena prestasi yang luar biasa. Ajang kompetisi Dunia selalu hadir misal F1, Dakar rally, WRC dan lainnya. Hanya saja saking terlalu mem bumi maka "brand" ini setiap kali keluar jenis kendaraan baru terasa biasa-biasa saja tidsk seperti sang legenda atau pembuat kendaraan yang diam-diam selalu mengejutkan.
Akankah nama kendaraan ini dipertahankan generasinya nanti? Atau kah desain magik nya berubah? Akankah terus melesat bagai komet? Yang jelas ini sangat fenomenal di Tanah Air. Bagaimana jika dari awal tidak ada seseorang yang memikirkan jenis kendaraan ini?
No comments:
Post a Comment