Saturday, September 29, 2012

Warna velg berpengaruh terhadap penampilan mobilnya

Bagi saya velg mobil harus sesuai dengan warna mobil itu. Umumnya semua warna mobil- mobil dengan velg berwarna silver. Tetapi ada beberapa orang yang tidak terpengaruh dengan warna original tersebut. Pemakaian velg berwarna gelap atau hitam memang belum biasa, kesannya hanya para modifikator yang gemar memakai warna tersebut, mungkin kesannya terlalu "eye catching" apalagi kalau kendaraan mobilnya warna putih.Memang velg warna silver itu adalah warna yang netral, oleh sebab itu semua produsen kendaraan menggunakan warna tersebut, namun ada juga beberapa produsen mobil premium terutama keluaran Eropa yang memakai warna velg hitam atau dengan warna sentuhan agak kehitaman (gun metal).

Buat saya ibaratnya seperti sepatu, yang umumnya berwarna hitam atau seperti memakai kaca mata gelap, bandingkan kalau kita memakai lensa warna terang yang konvensional tentu banyak sekali perbedaannya dari segi penglihatan kita.
Warna hitam lebih baik untuk semua jenis warna mobil dan memang kesan elegannya berkurang. dengan menggunakan warna gelap, ada semacam gradasi warna yang bisa menambah nilai tambah bagi mobil tersebut. Namun sebetulnya ini tergantung dari selera masing- masing. Bagi saya velg berwarna hitam lebih membuat mobil itu padat, berkesan gagah dan tegas. Mungkin warna velg silver  terkesan terlalu ringan dilihatnya (tidak tegas, tidak berkarakter), terkecuali konstruksi atau modelnya lebih padat (modelnya tertutup agak rapat) Sebetulnya warna silver bisa cocok dipadukan dengan mobil warna hitam (gelap), merah, dan biru. Ini akan membuat kendaraan mobil Anda menonjolkan originalitas dan genuine. Kita harus pintar padukan warna terang dengan warna gelap agar terlihat mobil Anda tidak terlihat polos dan ringan.
Namun selain dari warna yang mempengaruhinya, model dan jenis velg juga ikut mempengaruhi keadaan dan situasi tersebut.

Bicara soal elegan, Anda bisa gunakan velg yang jenis mengkilap (krom). Kesannya terlihat mewah, tenang dan berwibawa. Lain dengan warna velg hitam, coklat gelap, yang berkesan cepat, misterius, tegas, ego karena karakternya beda dari yang lain.

Justru sekarang ini sudah banyak velg- velg yang berwarna cerah beredar seperti merah, kuning, biru, orange. Biasanya warna jenis ini banyak dipakai untuk para modifikator saja, sangat jarang warna- warna terang ini dipakai untuk mobil harian.



Biasanya kalau mobilnya warna putih, yang ada dalam benak kita adalah velgnya harus putih juga. Menurut saya, tampilan mobilnya malah akan menjadi terlalu ringan dan tidak padat. Kalau untuk masalah bersih mungkin benar, biarpun demikian kita harus cermat dalam memilih model velgnya. Biasanya yang lebih dominan untuk velg putih dan mobilnya juga putih adalah model yang jari- jari. Kalau menggunakan jenis konstruksi palang lima hal ini justru kurang baik dilihat.

  
Warna velg putih cocok dipadukan dengan mobil berwarna yang dominan seperti merah, biru, hijau tua dan hitam.
Untuk velg berwarna gold, bisa dipadukan dengan kendaraan berwarna hitam, biru, putih, hijau, merah.

Warna mobil juga tentu bisa mempengaruhi penampilan-nya. Produsen kendaraan mobil biasanya akan memadukan beberapa warna gelap pada mobil tersebut di beberapa bagian kecilnya, atau sebaliknya kalau mobilnya warna gelap maka akan dipadukan dengan warna terang, contohnya di bagian bawah bemper, fender, lampu kabut, lampu utama mika-nya warna silver dan lain- lainnya. Kalau-pun ada yang gelap di semua bagian mobil itu, mungkin sudah dimodifikasi. Sebagai contoh warna mobil hitam sangat cocok dipadu dengan warna silver di beberapa bagian eksteriornya.





2 comments: