Sunday, October 28, 2012

Keindahan pantai Takabonerate

Pantai Takabonerate berada di Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan. Dari Kota Makassar kira- kira berjarak 300km, sebelum anda menuju Takabonerate rute yang harus ditempuh adalah melewati Kabupaten Selayar, Benteng dan anda bisa melewati dengan cara jalan darat memakai bis atau dengan pesawat udara. Jika anda menempuh jalur udara ada penerbangan perintis dari Bandara Sultan Hasanuddin menuju Bandara Haji Aroepala, Banteng. Dan bagi anda yang ingin menempuh perjalanan dengan bis, anda harus naik dari terminal Mallengkeri menuju Pelabuhan Ferry Bulukumba, kemudian menyeberang ke Pelabuhan Ferri Pamatata, dari Pamatata dilanjutkan dengan perjalan darat menggunakan bis ke benteng.

Masyarakat setempat menyebutnya Atol terbesar atau surga laut. Kenapa disebut Atol terbesar ketiga? Sebab urutan pertama adalah Kepulauan Marshall lalu yang kedua adalah Kepulauan Suvadiva di Moldiva.
Luas Kepulauan Takabonerate adalah 220.000 hektar dan banyak terdapat hamparan terumbu karang seluas  500km persegi. Takabonerate memiliki 295 jenis spesies ikan, seperti ikan kerapu, baronang, cakalang. Terdapat 244 jenis moluska yang sangat indah, ada 15 taman laut.
Jika anda ingin melihat Taman Nasional Takabonerate yang lain dari biasanya, maka sebaiknya anda berkunjung pada bulan April, Juni, Oktober dan Desember. Panorama sunset dan sunrise di Takabonerate adalah suatu pemandangan yang luar biasa indahnya.









Gua Pindul di Yogyakarta

Kalau anda mampir atau berlibur ke kota Yogyakarta jangan lupa mengunjungi gua Pindul, tepatnya di daerah desa Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul. Gua Pindul ini adalah gua yang mempunyai aliran sungai di dalamnya, mulai dari awal anda masuk gua hingga ujung gua dengan panjang sekitar 300 meter. Di dalam gua ini terdapat satwa burung seperti burung walet, burung seriti, dan jenis kelelawar. Bagi anda yang suka dengan alam petualangan, gua Pindul ini sangat cocok untuk dikunjungi. Cukup dengan 30 ribu anda sudah bisa menjelajahi dalam gua.











4 jenis pengemudi


" Real Men Use Three Pedals"


" Old Men Use Two Pedals"



"Kids Use One Pedal"

"Alien Use NO Pedal"

Merubah paradigma suatu produk otomotif

Mungkin dulu anda tidak akan pernah berpikir bahwa kendaraan yang anda punya itu sekarang menjadi salah satu produk atau merek unggulan dan teman anda yang mempunyai kendaraan merek lain yang dahulu merupakan produk unggulan dan terkenal, kini menjadi sebuah kenangan saja. Dulu masyarakat tidak banyak memikirkan segi keuntungan dan kerugian dalam membeli kendaraan atau apapun itu alasannya,  namun pada zaman itu lebih dari pada rasa memiliki atau kebanggaan merek tersebut. Yang saya maksud tentu bukan masyarakat yang membeli mobil- mobil premium atau mewah.  Dengan seiring perubahan zaman, maka muncullah pandangan dan keinginan dari masyarakatnya itu, dan bagi mereka sebelum memiliki kendaraan, segala sesuatunya harus dipertimbangkan demi efisiensi. Apalagi saat ini bisa dikaitkan dengan resesi ekonomi global atau resesi lokal, seperti banyaknya pengangguran, pendapatan atau upah yang minim sehingga daya beli konsumen kian mencari alternatif lain yang cocok sesuai kantongnya. Contohnya negara kita ini, kira- kira berapa persen pasar gemuk itu? Oleh sebab itu jika yang di bidik adalah pasar gemuk maka perusahaan bisa bersaing di pasaran. Beberapa perusahan sudah banting haluan untuk membidik sasaran pasar gemuk tersebut. Sebutlah mereka memproduksi mobil- mobil berbiaya murah. Pertanyaannya apakah persaingan produk tersebut sudah berhasil bagi setiap brand yang di usung?

Brand adalah brand, kalau dalam perusahaan otomotif berbeda dengan perusahaan elektronik. Misalnya kenapa semua orang ingin membeli i-pad? Padahal banyak sekali produk lain yang setara dan lebih murah dari i-pad. Bahkan orang yang tidak suka gadget pun ingin membelinya. Alasannya cuma satu, yaitu "Brand". Di produk otomotif lain cerita, innovasi dan keberanian yang diatas rata- rata adalah bagian dari kekuatan yang terkadang prinsip- prinsip masa lalu itu sanggup menggerus budaya- budaya perusahaan tersebut hingga hilang ditelan waktu. Jadi tinggal perusahaan itu saja yang menentukan, mau ke arah mana produk itu dilemparkan.
4 hal perubahan yang penting bagi perusahaan otomotif ;


1. Paradigma
Pola pikir atau image merupakan hal yang dominan dalam keberhasilan konsumen untuk membeli kendaraan tersebut. Konsumen akan bepikir bahwa produk atau merek yang akan di belinya sudah benar- benar sesuai dengan kebutuhannya. Banyak masyarakat yang sebenarnya menyukai produk dari merek tertentu, namun pola pikir negatif yang sudah terlalu jauh diterapkan kepada mereka, sehingga muncul beberapa hal pertimbangan dalam membeli.
Berikut adalah beberapa contoh paradigma atau "Image" secara umum terjadi di tengah masyarakat.

A. Brand tersebut suatu saat akan mengalami depresiasi harga.
B. Brand tersebut membutuhkan biaya perawatan yang tinggi.
C. Brand tersebut  tidak unggul dalam kualitas mesin atau kelemahan model
D. Brand tersebut tidak bisa menekan biaya bahan bakar.
E. Brand tersebut mempunyai suku cadang yang sulit didapat dengan harga yang tinggi.

2.Model
Merupakan salah satu bagian dari animo masyarakat, setiap negara mempunyai karakter- karakter tersendiri dalam memilih produk dan model tersebut. Kira- kira model yang cocok untuk masyarakat ini seperti apa? Kebutuhan dari masyarakat ini seperti apa? Budaya dari masyarakat ini seperti apa?  Kebiasaan dari masyarakat ini bagaimana?Kontur alam atau jalan dari negara itu seperti apa?

 3. Harga
Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa harga tergantung daripada prinsip dasar dan kemampuan masyarakatnya. Berdasarkan persentasi apakah masyarakat tersebut sangat maju atau menengah. Hal ini berhubungan juga dengan  penghasilan dan pemasukan bersih mereka. Apakah kemampuan bisnis mereka pada taraf menengah atau diatas.





4. Korporasi
Adanya dukungan penuh dari perusahaan sehingga mempunyai suatu ikatan jiwa, kepercayaan, kebanggaan dan prinsip dasar yang kuat antara perusahaan tersebut dengan konsumennya. Melakukan suatu pendekatan secara personal dan memberikan stimulasi yang kuat akan produknya secara detail sehingga mereka kembali kepada "Brand" lalu mereka akan tetap berada di jalur "Brand" itu. Produk bisa menjadi nomor dua, namun konsumen sebagai pemakai adalah kunci utamanya. Oleh sebab itu pendekatan kepada mereka sangat penting, pendekatan bisa berupa membangun komunitas, penghargaan individual atau kepada perusahaan dan bisa semacam souvenir, diskon atau juga memperhatikan personal record setiap konsumennya. 
 Sekuat apapun perusahaan memasarkan produknya, namun jika poin 1 tidak dilakukan, maka semuanya akan sia- sia. Dan saat ini persaingan di kelas gemuk semakin ramai. Sepertinya mereka sudah paham dengan kemauan atau "demand" masyarakatnya. Malah saking ketatnya persaingan harga dan produk mobilnya, konsumen bingung memilih mana yang akan mereka beli.

  





 

Waktu



Pernahkah anda mempunyai pilihan bahwa besok hari anda harus mengantar istri anda ke dokter lalu pada hari itu juga anda harus datang untuk interview pekerjaan? Dua- duanya sangat penting, namun apa betul demikian? Mana yang harus anda utamakan? Apakah anda merasa tertekan dengan dua macam kejadian itu? Apakah anda berpikir kenapa harus ada dua pilihan itu? Masalahnya adalah tidak ada seorang pun yang bisa mengantar istri anda ke dokter, alasannya karena anda hidup hanya berdua. Apakah bisa ditunda? Bagaimana seandainya jika tidak, karena istri anda memerlukan penanganan serius dari dokter. Apakah anda bisa mencari jalan lain misalnya dengan memanggil dokter ke rumah atau memanggil mobil ambulan hingga istri anda sampai di rumah sakit. Lalu secara manusiawi apakah anda akan melakukan hal- hal itu? Sepertinya malah menjadi rumit kalau anda terus kembangkan. Sementara itu pada hari yang sama, anda juga  harus di interview di sebuah perusahaan dan itu bagian dari jawaban masa depan anda. Baiklah, hasil dari interview itu bisa iya dan tidak. Apapun hasilnya anda tidak akan pernah tahu kan? Atau anda akan berpikir, mungkin sebaiknya menunggu lain kali saja, dengan alasan sudah banyak lamaran yang anda kirim. Dan anda pun akan menjadi bimbang dengan adanya dua masalah itu. Kini semakin anda dibuat pusing oleh asumsi- asumsi tadi.

Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga buat manusia. Waktu bisa membuat keselarasan dan semacam rambu lalu lintas bagi manusia. Bukankah di setiap hari itu ada waktu? Anda pun bisa melewati dua masalah tersebut jika mempunyai manajemen waktu yang baik. Pada hari itu juga anda bisa mengantar istri anda ke dokter dan sekaligus sesudah itu datang ke perusahaan dimana anda akan di interview. Akhirnya beres bukan?
Memang waktu bisa mengungkapkan semua proses kehidupan, dan waktu juga memberikan jawaban atas semua yang sudah terjadi di dunia ini. 

Dan waktu itu terbagi dari 3 masa,

1. Waktu di masa lalu

2. Waktu di masa sekarang

3. Waktu di masa depan

Bagaimanakah anda agar bisa mengenal waktu dengan baik? Pernahkan anda membuat "Task List"? atau "What to Do", hal itu adalah bagian dari anda sudah memasuki proses ke dalam waktu. Waktu sebetulnya tidak berkaitan dengan perencanaan, pada dasarnya waktu hanya merupakan sebuah simbol saja. Anda boleh membuat waktu dengan perencanaan yang sebaik- baiknya, namun pada kenyataannya tidak semua perencanaan itu bisa dilakukan. Di sela- sela itu semua ada yang namanya takdir atau sesuatu diluar kemampuan nalar manusia.
Dari ketiga masa waktu itu sebaiknya anda  berada di masa sekarang, jika anda berada di masa lalu artinya anda akan terus mengalami tekanan hidup. Apapun di masa lalu itu, tidak bisa anda perbaiki. Dan jika anda sudah terlalu jauh berpikir maka anda akan cemas memikirkan masa depan. Biarlah waktu yang akan menjawabnya.  
Dengan waktu anda harus berpikir lebih spesifik, berpikir positif, harus berpikir realistik dan fleksibel. Anda juga bisa membuat daftar seperti "Apa yang akan anda lakukan minggu depan" atau "Apa yang akan anda lakukan bulan depan". Anda bisa mencapai tujuan dengan baik jika mempunyai manajemen waktu. Anda harus bisa memonitor kegiatan waktu anda. 
Berikut adalah daftar waktu selama 24 jam yang bisa nada lakukan;

1. Anda mempunyai pembagian waktu
Seperti waktu bersama keluarga anda, orang yang anda sayangi, anak- anak.

2. Anda mempunyai waktu untuk anda sendiri
misalnya anda mengerjakan hobi anda, pergi berolah raga, membaca buku

3. Anda mempunyai waktu bekerja
Bekerja adalah bagian dari hidup untuk agar bisa berlanjut, anda bekerja untuk seseorang atau anda bekerja untuk anda sendiri.

4. Anda mempunyai waktu untuk suatu kegiatan
Misalnya anda harus melakukan kegiatan amal bersama organisasi anda, mencoba untuk merenovasi rumah anda.

"If I waste a minute, I waste an hour; 
if I waste an hour, I waste a day;
 if I waste a day, I waste a lifetime"

A. Solzhenitsyn, Cancer Ward