Sunday, October 28, 2012

Keindahan pantai Takabonerate

Pantai Takabonerate berada di Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan. Dari Kota Makassar kira- kira berjarak 300km, sebelum anda menuju Takabonerate rute yang harus ditempuh adalah melewati Kabupaten Selayar, Benteng dan anda bisa melewati dengan cara jalan darat memakai bis atau dengan pesawat udara. Jika anda menempuh jalur udara ada penerbangan perintis dari Bandara Sultan Hasanuddin menuju Bandara Haji Aroepala, Banteng. Dan bagi anda yang ingin menempuh perjalanan dengan bis, anda harus naik dari terminal Mallengkeri menuju Pelabuhan Ferry Bulukumba, kemudian menyeberang ke Pelabuhan Ferri Pamatata, dari Pamatata dilanjutkan dengan perjalan darat menggunakan bis ke benteng.

Masyarakat setempat menyebutnya Atol terbesar atau surga laut. Kenapa disebut Atol terbesar ketiga? Sebab urutan pertama adalah Kepulauan Marshall lalu yang kedua adalah Kepulauan Suvadiva di Moldiva.
Luas Kepulauan Takabonerate adalah 220.000 hektar dan banyak terdapat hamparan terumbu karang seluas  500km persegi. Takabonerate memiliki 295 jenis spesies ikan, seperti ikan kerapu, baronang, cakalang. Terdapat 244 jenis moluska yang sangat indah, ada 15 taman laut.
Jika anda ingin melihat Taman Nasional Takabonerate yang lain dari biasanya, maka sebaiknya anda berkunjung pada bulan April, Juni, Oktober dan Desember. Panorama sunset dan sunrise di Takabonerate adalah suatu pemandangan yang luar biasa indahnya.









No comments:

Post a Comment