Sunday, October 14, 2012

Apa itu Pilar A,B,C pada mobil?

Mungkin secara harafiahnya adalah tiang, namun di bagian mana  tiang ini letaknya di mobil?
Berikut adalah contoh yang namanya pilar dan letaknya.

Posisi depan disebut Pilar A, posisi tengah disebut Pilar B, tepat di daerah sabuk pengaman dan yang belakang adalah Pilar C letaknya berada di sekitar kaca belakang. Pilar A,B,C adalah untuk jenis kendaraan sedan.

 Untuk kendaraan jenis SUV terdapat pilar A,B,C,D seperti di gambar.

Fungsi dari Pilar A adalah untuk menyangga atap mobil, penyangga tempat untuk kaca depan dan sebagai tempat untuk menaruh spion. Semakin landai posisi kaca depan maka semakin baik segi aerodinamisnya, hal ini juga membantu mengirit bahan bakar karena aliran yang mengalir lebih lepas. Namun kelemahannya adalah semakin besar area "Blind Spot" sekitar kemudi karena posisinya berdekatan dengan pengemudi.

Fungsi Pilar B selain untuk penyambung pintu samping dan atap supaya tidak bergetar juga berfungsi menaruh sabuk pengaman.

Fungsi Pilar C untuk penyambung pintu bagian belakang dan kaca

Terakhir fungsi Pilar D selain penyangga pintu bagasi juga untuk penyangga atap bagian belakang.

Oleh sebab itu kita bisa melihat originalitas dari sebuah kendaraan berdasarkan pilar- pilar tesebut, karena bentuknya memang berbeda- beda setiap merek kendaraan itu.

Kalau yang ini Pilar B tidak ada, ini merupakan konsep terbaru pabrikan kendaraan. Kira- kira bagaimana rasanya tanpa pilar tengah?


1 comment:

  1. Makasih infohnya.
    Kalo tanpa pilar tengah, nyimpen seat belt baris pertama dimana ya?

    ReplyDelete