Sunday, October 14, 2012

Profesi ini sangat menguntungkan



Ketika saya berkunjung ke Iceland, tepatnya di kota Reykjavik, tiba- tiba saya merasa rindu dengan masakan Asia selain karena cuaca waktu itu lumayan dingin. Saat berjalan menelusuri kota saya menemukan restoran asli oriental, ternyata masakannya sangat enak. Yang punya restoran itu adalah seorang imigran dari China, awalnya dia sendiri yang berkelana ke Reykjavik hanya berbekal keberanian saja. Lalu saya tanya kenapa bisa sukses seperti sekarang, apa resepnya? Dia katakan bahwa sebagai laki- laki, jangan takut untuk pergi berkelana kemana pun selama kita mempunyai keahlian, apapun itu. Ternyata saya bisa menebaknya, karena Bapak tua ini pandai memasak makanya dia membuka restoran di Reykjavik. Pengunjungnya banyak saat makan siang, kebanyak mereka orang lokal yang sudah menyukai masakan oriental.
Jadi menurut saya profesi yang sangat berharga adalah seorang Chef atau tukang masak. Seandainya kita tidak bekerja dengan orang pun, kita masih bisa untuk membuat usaha seperti restoran. bapak ini pintar dalam membaca situasi karena di Iceland saat itu belum ada restoran oriental. Saya seperti membayangkan seorang penjual mainan di halaman sekolah dasar, betapa banyak sekali anak- anak berkerubung seperti semut hanya untuk membeli mainan murah. Jadi seperti itulah kira- kira Bapak ini memulainya dan sampai berhasil.
Menjadi Chef juga tidaklah mudah, ada ilmunya dan sekolahnya, tetapi jangan kuatir selagi kita punya bakat dan hobi memasak maka semuanya bisa berjalan lancar. Dari hobi sebetulnya bisa menghasilkan uang. Namun tetap berprinsip kepada ilmu ekonomi. 

Saat ini memang profesi Chef menjadi andalan untuk bisa cepat bekerja dan menghasilkan banyak uang. Semua orang menyukai makan, dan selama masih banyak orang yang suka makan, maka tidak usah kuatir menjadi seorang Chef atau tukang masak. Contohnya tukang nasi goreng di pinggir jalan juga merupakan bagian dari cerita Bapak tua di Iceland itu sebagai tukang masak. Kemana pun dia berkelana, tidak akan pernah takut karena sekali bakar kompor maka disitu dia menemukan penghasilan. Menjadi Chef juga enak bisa jalan- jalan keliling dunia.


Berikut adalah 10 sekolah paling top di seluruh dunia.











1. Ecole Lenotre di Prancis
2. New England Culinary Institute NECI di Amerika
3. Hattori Nutrition College di Jepang
4. Le Cordon Bleu di Prancis
5. Savour Chocolate and Patisserie School di Australia
6. The French Culinary Institute FCI di Prancis
7. Academia Barilla di Itali
8. Tante Marie Cooking School di Inggris
9. The Culinary Institute of America di Amerika
10.Superior Center of Hospitality & Tourism di Spanyol

No comments:

Post a Comment