Tuesday, June 16, 2015

Power, power, power~Turbo~engine swap

Bagaimana jika kendaraan yang kita punya tampak biasa saja baik model dan performa nya atau kendaraan secara kosmetik sudah bagai kendaraan rally dan Anda ingin merubahnya menjadi kendaraan yang jika di jalan toll melaju kencang dan mengemudi di jalur kanan? Sebagian orang merasa tersisih dan risih jika sedang mengemudi di jalur kanan serasa sudah kencang kecepatannya dan jarum kilometer menunjukan kecepatan diatas seratus dua puluh namun kedipan lampu atau raungan klakson bunyi dibelakang kendaraan kita menyuruh untuk segera pindah jalur.
Bagi kendaraan yang berkapasitas mesin lebih besar sangat mudah menekan pedal gas dan melesat namun bagi kendaraan bermesin sedang dibawah 2000 cc tentu berat. Tidak ada jalan lain selain kendaraan tersebut harus rawat inap dulu di UGD. Caranya?


Untuk mulai me modifikasi mulai dari kekuatan mesin yang tentunya salah satu jalan terakhir yang mumpuni dan sebelum itu mulai dulu  dengan mengganti beberapa bagian ter-penting kendaraan tersebut. 
Segi pengapian seperti busi, aliran udara seperti saringan udara, exhaust atau pembuangan dan konstruksi lainnya. Tetapi penggantian hal-hal  itu hanya sedikit tingkat peningkatan nya. Lalu apakah yang paling signifikan? 

Turbo charger
Pendingin ~ Intercooler
ECU racing
Racing filter
Turbo timer

Turbo charger adalah tabung yang mampu mendongkrak tenaga mesin kendaraan secara spontan dan signifikan. Namun tidak hanya itu saja dan dikarenakan tenaga yang disemburkan melonjak drastis maka diperlukan sesuatu yang lebih baik yaitu:

Piringan rem dengan daya cengkram yang baik. Terkadang modifikator menganggap enteng  akan benda yang bisa menyelamatkan nyawa ini.
Ban mempeñgaruhi pada kendaraan kecepatan tinggi. Dibutuhkan ban dengan daya cengkram tinggi.
Selain semua itu bagian dari seni me modifikasi juga sangat berfungsi bagi kendaraan dan keselamatan pengemudi-nya. Sebelum Anda berniat memasang aplikasi ini, perlu diketahui tujuan Anda menggunakan perangkat turbo ini. Apakah untuk menambah tenaga untuk berkendara harian atau untuk hal yang lebih ekstrem, misalnya kompetisi. Tidak semudah itu kendaraan yang bermesin "Natural Aspirated" menggunakan turbo ini. Namun sudah banyak teknisi dan jenis turbo dijual dipasaran yang jika settingannya tepat mungkin tidak terjadi semacam turbo lag. beberapa kendaraan yang sudah mengadopsi turbo sebagai perangkat pabrikan pun kadang mengalami turbo lag. Bisa jadi karena daya turbo nya terlalu besar tidak sebanding dengan daya mesinnya, settingan tidak pas. Memasang turbo ini seperti mengerjakan soal matematika dan diagnosa pasien komplikasi.

Posisi duduk dan sabuk pengaman lima titik sangat diperlukan demi keselamatan bagi kendaraan cepat ini.
Salah satu hal yang mendukung kecepatan dari kendaraan itu adalah bobot nya. Bobot sangat berpengaruh walau sedikit saja mengalami beban berat. Bayangkan berapa kilo tabung tangki bahan bakar, engine hood, bagasi belakang, lampu utama, velg, jok depan.
Tidak heran kendaraan rally membuang perangkat yang berat, perangkat yang tidak diperlukan dan menggantikannya dengan yang ringan.
Untuk memuluskan pergerakan kendaraan maka body kit juga berpengaruh terhadap kestabilan dan arus angin kendaraan tersebut. Sayap belang bukan untuk menyimpan secangkir kopi namun dari segi aerodinamis berfungsi menyeimbangkan kendaraan dalam kecepatan tinggi di saat berjalan lurus.
Salah satu benda yang berat adalah kap mesin. Tidak heran diganti dengan bahan dari serat karbon.
Lalu jika Anda belum puas juga dengan perangkat turbo ini masih ada jalan menuju Roma yaitu:

Engine swap.
Inilah hal terakhir yang bisa Anda lakukan. Bisa Anda cari di tempat yang menjual mesin limbah atau bekas. Di negara maju banyak sekali tempat belanja rongsokan, mulai dari mobil utuh batas usia, suku cadang, mesin-mesin. Perlu ketelitian dan kesabaran belanja di tempat limbah ini. Jika kendaraan Anda merk A berkode A pastikan jenis yang akan di pasang sama merk nya dengan versi kencangnya yang tentu kodenya lain namun biasanya sudah ada perangkat turbo nya. Lebih bagus beli "half cut" nya. Perhatikan juga sejarah kendaraan itu. 
Untuk mengganti mesin memang biayanya mahal semahal biaya pemasangan yang rumit dan me modifikasi seperti ini juga membutuhkan biaya besar tetapi tidak sebesar Anda membeli Ferrari bukan?
Limbah mesin wajib diteliti, dibongkar dalamnya dan kalau bisa di tes dulu sehingga Anda tahu berapa biaya perbaikan dan suku cadang yang harus diganti. 
Half cut? 

No comments:

Post a Comment