Wednesday, July 1, 2015

Mudik dengan kendaraan roda dua

Tradisi mudik memang wajib buat kita. Inilah yang mereka nantikan setahun sekali bisa berkumpul bersama seluruh keluarga. Terutama mudik dengan menggunakan kendaraan roda dua memang menyenangkan. Menyenangkan jika kita mengetahui peraturan. Mudik seharusnya dirasa nyaman, aman dan murah ternyata bisa berubah menjadi malapetaka. Terutama pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua. Setiap saya mudik seringkali melihat calon pemudik begitu memaksa dengan kapasitas orang dan barang bawaan mereka berlebihan. Kondisi mereka yang lemah sehabis berpuasa dan ketidakstabilan saat berkendara salah satu faktor kecelakaan di jalan raya dan untuk kendaraan roda dua masih cukup tinggi.  

Bahwa kendaraan roda dua ini hanya diperuntukan untuk 2 orang. Dari kapasitas bagasi pun tidak banyak. Kendaraan roda dua ini punya batasan daya angkut, jarak tempuh sebab posisi duduknya juga tidak di desain untuk perjalanan berdurasi lama atau jauh
Jika anda mudik menggunakan kendaraan roda dua pastikan untuk melakukan hal berikut ini:

PERIKSA KONDISI KENDARAAN
•Periksa keadaan motor dengan baik. Periksa oli, cek air radiator, dan semua cairan-cairan yang terdapat di motor, seperti minyak rem, rantai, dan juga cek tekanan ban sebelum berangkat. 
Jangan lupa pompa ban juga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau bisa, servis dulu motor Anda sebelum mudik dan pastikan motor kesayangan Anda benar-benar siap melakukan perjalanan jauh.

KELENGKAPAN SURAT
•Periksa semua kelengkapan surat-surat Anda, seperti STNK dan SIM. Pastikan Anda tidak akan terganggu dengan beberapa razia yang dilakukan polisi di perjalanan dengan melengkapi surat-surat tersebut.

KELENGKAPAN PERALATAN
•Kelengkapan berkendara juga penting untuk diperhatikan. Contohnya helm SNI, jaket, sepatu, sarung tangan, dan pelindung dada.
Yang sering diabaikan adalah spion. Dua spion haruslah tetap terpasang di motor Anda jika tidak ingin ditilang Polisi dan sangat berguna untuk keselamatan. Jangan lupa untuk menyalakan lampu meski di siang hari untuk menekan angka kecelakaan.

BARANG BAWAAN
•Barang yang terlalu banyak juga akan menyulitkan Anda saat mengendarai motor. Tak hanya itu, tidak disarankan untuk berboncengan tiga pada motor karena akan sangat berbahaya. Bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.
Sebisa mungkin Anda membawa barang seperlunya saja agar tidak kerepotan dan menggangu perjalanan Anda.

ISTIRAHAT
•Setiap 3 jam sekali, Anda harus beristirahat untuk mengembalikan stamina tubuh Anda dan konsentrasi. Meski belum begitu lelah, usahakan Anda berhenti sejenak untuk sekedar bersantai.

BERSAMA ROMBONGAN
•Anda juga disarankan berangkat bersama dengan rombongan sesama pemudik motor. Ini untuk mencegah terjadinya aksi kejahatan di jalanan. Juga, apabila terjadi masalah lain di jalan, akan ada yang dimintai pertolongan.

DILARANG NGEBUT
•Jangan memacu kendaraan Anda dengan cepat karena akan membahayakan orang lain dan diri Anda sendiri. Mengendaralah dengan tenang, santai, tidak terburu-buru. Biar pelan asal selamat dan tetap waspada.

Ingat, keluarga tengah menunggu Anda di rumah. Jadi mohon perhatikan semua kemungkinan yang ada. Semoga bermanfaat, dan selamat mudik.

No comments:

Post a Comment