Thursday, November 1, 2012

Karakter berbahaya pengendara

Ketika anda mengemudi di jalan raya bisa dikatakan bahwa anda seperti memasuki semacam medan peperangan. Setiap pergerakan dari berbagai arah patut diwaspadai. Anda terlalu pelan mengemudi juga bisa berakibat kecelakaan, ataupun anda mengemudi kencang bisa juga menimbulkan masalah serius. Hal ini tidak hanya dari anda sendiri namun perlu diwaspadai adalah pengendara lainnya. Di jalan raya itu ada sejumlah karakter pengemudi yang harus anda ketahui.

1. Pengemudi yang Agresif
Di ibaratkan pengemudi ini bagaikan sebuah ranjau yang bergerak. mereka ini sembrono dan sulit diatur. Prilaku ini tidak hanya membahayakan anda sendiri namun pengguna jalan lain. Cara mendeteksinya mudah saja, biasanya akselerasinya tidak stabil, sering melakukan injak gas dan rem dengan cepat, anda bisa lihat juga dari reaksi lampu rem belakangnya yang kerap menyala. Mereka ini tidak sabaran dalam mengemudi, biasanya posisinya sering pindah- pindah jalur dan selalu berdekatan dengan kendaraan lainnya.


2. Pengemudi yang Provokatif  
Pengemudi model begini bisa dikatakan gabungan antara agresif, mereka tidak perduli dan tidak sabaran. Selalu memancing emosi pengguna kendaraan lain di sekitarnya. Prilakunya bisa dilihat dari caranya yang selalu menempel terlalu dekat, membunyikan klakson terus menerus, menyalakan lampu jauh bahkan memotong jalur secara mendadak dan memperlihatkan raut muka yang sedang marah. Hal ini cukup berbahaya buat pengendara sekitarnya selain pengaruh emosionalnya, jika anda ikut terpancing maka anda akan menjadi emosi dan terlibat di dalamnya. Oleh sebab itu jika anda menemui pengemudi model begini sebaiknya dihindari saja.

3. Pengemudi yang melakukan kegiatan di dalam kendaraan
Biasanya mereka ini kaum Hawa, contohnya seperti banyaknya mereka mendengarkan musik dan memijit tombol player, mengecek kaca spion kiri kanan atau kaca spion belakang, bertelepon, bahkan berdandan. Tentu membahayakan karena mereka ini kurang fokus, bisa kita lihat dari gaya mengemudinya yang ceroboh, lengah, jarak menyalip yang kurang baik dan kecepatannya yang berubah- ubah. Mereka ini bisa saja mengemudi secara normal namun belum tentu mereka ini bisa menghadapi akibat yang akan terjadi secara mendadak.


4. Pengemudi yang lambat
Mengemudi pelan mungkin sebagian orang merasa akan aman, namun kalau dilakukan di jalur cepat tidak baik. Biasanya mereka takut untuk dapat menguasai kendaraannya tetapi ini malah mengganggu pengguna jalan lainnya. Dengan cara mengemudi yang begini akan menimbulkan kecelakaan, sebab pengemudi dibelakangnya tidak siap dengan gerakan lamban.



5. Pengemudi yang ceroboh
 Pengemudi ini biasanya kurang perduli, tidak waspada dengan keadaan dan punya ego yang tinggi. Tidak hanya bagi pengguna roda empat namun roda dua juga paling sering ditemui di jalanan. Seperti kebiasaan belok mendadak tanpa memberi tanda, memotong jalur secara spontan tanpa memperhitungkan kendaraan dibelakangnya, atau keluar dari jalan kecil tanpa melihat kiri- kanan. Jenis pengendara model ini biasanya bikin kaget pengendara lainnya dan bisa menyebakan kecelakaan fatal.
 

No comments:

Post a Comment