Tuesday, June 30, 2015

Pekerjaan ini sanggup memutar Dunia

Kelihatannya mungkin tidak begitu digemari dan dikenal luas namun mereka yang bekerja di bidang ini lah yang membuat Dunia dan roda usaha berputar.
Ketika Anda duduk santai di sebuah cafe sambil minum secangkir kopi hangat sambil ngobrol, pernahkah terbayang bahwa mulai dari bubuk kopi, gula hingga cangkir dan sendoknya berasal dari tempat ratusan hingga ribuan kilometer? Bagaimana dengan baju dan sepatu Anda? Atau kancing baju Anda hilang satu? Dan kebutuhan lainnya buat sehari-hari kita bisa sampai ke toko tersebut dengan baik. Darimana dan siapakah yang menggerakan semua itu?

Ditempat inilah semua dimulai. Ribuan hingga jutaan barang keluar masuk dari kapal yang datang dan pergi menempuh jarak yang panjang. Pekerja dan pekerjaan disini tampaknya tidak tersorot keberadaannya namun para pekerja disini sangat berjasa. Bayangkan kesibukan mereka mengatur setiap barang mulai dari posisi sang kapten kapal beserta pegawainya, pilot lalu lintas air, pengatur lalu lintas pelabuhan, penggerak derek peti kemas sampai penyapu lantai pelabuhan. Tempat ini tidak sepi dari kegiatan bongkar muat hingga larut malam. Satu kontainer berisi biji kopi yang akan Anda nikmati paginya baru saja tiba tadi pagi buta. Pekerjaan di pelabuhan itu tingkat tekanannya tinggi dan butuh tenaga kuat baik secara fisik maupun pikiran. Waktu adalah hal yang penting buat kelancaran operasional itu. Ketepatan waktu dan ketelitian mengurus jutaan peti kemas dan Manusia nya hingga terjadi sinkronisasi yang seimbang.  
Kecepatan waktu merupakan hal yang saling berkaitan dengan kelancaran usaha oleh sebab itu bongkar muat melalui udara merupakan cara tercepat dilakukan walau dari segi volume kalah banyak dengan menggunakan kapal laut. Mereka yang bekerja disini pun sangat berjasa atas barang-barang yang kita beli dan gunakan sehari-hari. Mulai dari pilot pesawat, staff penerbangan, petugas menara hingga porter barang. Mereka juga sudah memutar roda kebutuhan Manusia dan Dunia usaha. Lagi-lagi mereka bekerja dengan waktu siang malam.
Akhirnya truk dan si sopir inilah yang membawa kaos kaki yang kita pakai bekerja. Seorang sopir truk ini sudah membuat roda usaha berjalan baik. Coba bayangkan jika tidak ada alat-alat transportasi itu dan Manusia yang bekerja di sektor itu?
Anda tidak bisa membeli kopi di pagi hari dan Anda akan kesal di depan meja kerja memikirkan kopi tersebut. Lalu cafe yang biasa didatangi tutup karena kehabisan kopi dan gula, karyawan jadi tidak bisa bekerja dan tidak ada gaji kemudian yang punya cafe bangkrut. Nah efek dari sesuatu yang kadang kita anggap biasa padahal mereka-mereka itu sangat berjasa.


No comments:

Post a Comment