Thursday, November 8, 2012

Mobil baru juga perlu di cermati kondisinya dari Dealer



Membeli mobil baru dari showroom memang menyenangkan bagi setiap orang, karena Anda begitu senang sampai- sampai lupa bahwa mobil baru pun harus di cek secara keseluruhan. Mobil baru belum tentu tidak bermasalah, daripada nanti menyesal lebih baik Anda cek beberapa bagian sebagai berikut.

1. Mulailah dengan teliti mengecek dokumen- dokumen kendaraannya, bandingkan data di STNK harus sama dengan data di fisik mobil tersebut. Ini adalah satu- satunya jalan untuk bisa mengecek nya, karena BPKB dan Faktur baru akan keluar beberapa bulan kemudian.

2. Periksalah body kendaraan bagian luar secara teliti dan menyeluruh. Amati panel per panel apakah ada semacam cacat dan kesalahan pada catnya, oleh sebab itu sebaiknya Anda datang pada siang hari sehingga Anda bisa lebih jelas melihat kontur dan cat mobil yang akan Anda beli.

3. Periksa juga bagian dalam kendaraannya, bagian tertentu seperti jok harus ada pelindung plastik dan biasanya juga dibagian samping pintu. Anda bisa periksa kondisi pelapis joknya, selain itu kondisi karpet atas dan dasarnya apakah masih bersih dan berbau pabrikan.

4. Mobil baru selalu tersedia buku manualnya, bahkan buku manual audio pun harus ada. Tergantung pabrikan dan mereknya, biasanya buku manual satu, buku audio satu dan buku pabrikan merek tersebut seperti jaringan servis, alamat dealernya dan sebagainya. Pastikan juga bahwa Anda mempunyai kunci cadangan mobil tersebut. Biasanya satu kunci utama dan dua kunci- kunci cadangan.

5. Pastikan di dalam mobil ada kelengkapan peralatan seperti segi tiga darurat, dongkrak, kunci- kunci buat roda, obeng dan lainnya.

6. Seharusnya jarak tempuh mobil di angka nol km, namun terkadang ada juga yang dibawah 50km misalnya karena jarak tempuh dari pabrikan ke Showroom atau pernah jadi mobil pajangan. Tetapi sekarang mobil- mobil baru itu diangkut oleh truk besar dalam distribusinya dari pabrik ke Showroom. Seandainya lebih dari batas seperti 50km maka Anda sebaiknya ganti dengan unit lainnya atau juga Anda bisa meminta potongan harga lebih besar.

7. lebih baik Anda tanyakan ketika masih di dealer mobil tersebut kepada pegawainya dan biarkan mereka melakukan demonstrasi atau memberikan beberapa petunjuk yang penting untuk Anda ketahui. Biasanya ada tombol- tombol atau fitur yang belum pernah Anda tahu dan apa fungsinya.

8. Terakhir Anda harus melakukan "test drive", hidupkan mesinnya dan dengarkan suaranya, apakah ada hal yang tidak normal? atau selama melaju pastikan tidak ada suara- suara konser bahkan suara kecil dari bawah mobil Anda. Selain itu di dalam kabin juga harus senyap. Perhatikan putaran mesin, jarum kilometer, nyalakan AC lihat rpm-nya dan rasakan tarikannya, atau apakah AC juga dingin.
 

No comments:

Post a Comment