Thursday, November 8, 2012

Hotel seperti rumah sendiri

 
Usaha di bidang perhotelan memang cukup menjanjikan saat ini. Dimana- mana banyak sekali gedung hotel baru didirikan. Ada yang hotel besar ataupun hotel kecil. Namun trend pada saat ini ada perubahan dari segi penampilannya. Mungkin trend saat ini adalah hotel- hotel yang berskala medium ke bawah, bisa berupa budget hotel, bisnis hotel atau transit hotel. Terutama kalau kita lihat dari segi kebutuhan konsumennya, misalnya apakah di kota tersebut persentase terbanyaknya yang menginap bagi keluarga yang sekedar untuk menghabiskan week end di kota tersebut atau para pengusaha. Tidak hanya itu banyak faktor penunjang juga dari pertumbuhan suatu kota tersebut, misalnya kota tersebut merupakan surga belanja dan wisata kuliner yang paling dominan. Tentu ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, karena terkadang bagi mereka tujuan utamanya adalah wisata di luar hotel dan menginap hanya bagian daripada keharusan saja untuk beristirahat. 
Hal yang sebetulnya sangat utama dari industri hospitaliti ini adalah pelayanan dari dalam hati. Bukan berupa gedung- gedung mewah, fasilitas lengkap, makanan yang lezat saja. Ada beberapa pendapat dari para konsumen itu adalah mereka akan kembali dan kembali lagi ke hotel tersebut padahal bangunannya tidak besar, namun nyaman, bersih dan pelayanannya tulus dari hati. Memang tidaklah mudah, diperlukan budaya yang kuat dari Hotel tersebut dan bantuan moral yang tinggi dari para pegawainya. Tapi bukankah demikian bahwa pelayanan sebuah Hotel itu tergantung dari orang- orangnya. Karena persaingan semakin ketat dan tidak cukup dengan memberikan super diskon dan trik lain dari korporasinya. Pendekatan secara individual adalah hal yang paling dominan.

Berikut adalah hal yang membuat tamu kembali ke hotel;

1. Kebersihan Hotel
Biarpun hotel tersebut besar dan meriah dengan lampu dan dekorasinya, namun kalau tidak bersih dan nyaman hal ini bisa mengganggu penampilan dan rating yang buruk sehingga tamu juga tidak nyaman.

2. Pelayanan dari dalam hati
Ini adalah kunci suksesnya, pelayanan yang dilakukan secra tulus dan bukan hanya sekadar luarnya saja namun secara detail yang  bahkan hal- hal kecil akan membuat tamu sangat dihargai dan akan kembali lagi. Mereka para tamu itu harus seperti berada di rumahnya yang mengerti apa keinginan mereka. Dan bahkan mereka akan terkejut dan senang dengan perhatian kecil yang tidak mereka dapatkan di rumah sekalipun.

3. Harga yang bersahabat
Salah satunya adalah harga yang ditawarkan tidak tinggi walaupun kategorinya berbintang, namun Hotel harus bersaing secara sehat sesuai dengan apa yang mereka punya dan jual.

4. Makanan yang lezat
Makanan yang lezat juga membantu secara tidak langsung bagi tamu untuk mau kembali lagi. Terutama dengan menu yang popular disajikannya.

5. Lokasi yang tepat
Para tamu ini akan lebih senang jika pergi ke tujuan utama wisatanya tidak terlalu jauh dengan lokasi Hotelnya. Kalau bisa para tamu ini cukup dengan berjalan kaki dan sampai ke tempat keramaian.

No comments:

Post a Comment