Sunday, November 11, 2012

Bahan makanan yang membuat ketagihan

Zaman sekarang kalau memasak tidak menggunakan bahan penyedap rasanya hambar, namun apakah Anda termasuk seseorang yang nafsu makannya tidak bisa terkontrol? Mungkin inilah salah satu penyebabnya.

Bahan makanan adiktif;

1. Sodium Nitrit
Berfungsi juga sebagai pengawet makanan, memberikan tekstur warna pada makanan dan sekaligus memberikan rasa pada makanan. Biasanya terdapat pada makanan jenis daging olahan atau ikan yang diasap. Bahan ini tidak hanya menjadikan seseorang akan kecanduan namun bisa juga menyebabkan kanker. 




2. Propyl Gallate
Ini adalah bahan pengawet dalam makanan kemasan. Bisa Anda temukan di makanan jenis daging olahan, kaldu ayam kemasan, permen karet. 

3. BHA dan BHT 
Butylated Hydroxyanisole atau Butylated Hydrozyttoluene merupakan bahan antioksidan buat makanan agar tidak cepat basi/ bau dan berminyak. Anda bisa temukan di makanan jenis sereal, keripik kentang, minyak sayur, permen karet.


4. Monosodium Glutamat
Atau populernya MSG, digunakan sebagai penyedap makanan. Pada beberapa orang jenis bahan ini bisa membuat kepala pusing, timbulnya alergi dan mual. 



Sebaiknya Anda juga harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat. Makanlah secara teratur dengan menu yang seimbang dan sehat.

No comments:

Post a Comment