Saturday, June 13, 2015

Driver dan co-driver

Dalam sebuah rally ada driver dan co-driver. Masing-masing mempunyai tugas berat dan beresiko sangat tinggi. Driver tergantung dari co-driver, karena co-driver di ibaratkan petunjuk jalannya. Seorang co-driver harus menguasai medan dan terus berkomunikasi dengan driver sehingga driver tidak kehilangan jalur dan mengalami kecelakaan fatal karena kecepatan kendaraan saat rally sangat tinggi.
Betapa tugas driver terkadang tergantung co-driver, sehingga jika co-driver tidak faham bisa menimbulkan tensi tinggi hingga mereka bertengkar. Atau bisa juga driver tidak mahir dan co-driver menjadi kesal.

https://youtu.be/Nq0kEVjRqow

co-driver mempunyai catatan seperti ini di bukunya:

"R5/CR L3 n.c. 100 R1 tidy into L2 300 !! Jump L2/ kick into R3>"


 Jika diterjemahkan yang mana si driver akan meng artikannya sbb:

"Right 5 over crest, Left 3 don't cut, 100 Right 1 tidy into Left 2, 300 double caution jump, left 2 over kick into right 3 tightens."



Kerjasama diperlukan untuk mencapai kinerja terbaik dari driver dan co-driver. Seorang co-driver harus bisa membaca diluar kepala jalur jalan tersebut dan catatan itu adalah panduan nya. Dalam suasana kecepatan tinggi dan berkelok-kelok bahkan bisa terbang, co-driver hsrus fokus dengan catatan di bukunya. Selagi driver konsentrasi antara kendaraan dan bantuan co-driver. Ini menyangkut hitungan dalam detik, artinya co-driver menghitung jarak, kecepatan rata-rata yang harus ditempuh, sambil menjelaskan apakah harus belok kiri atau kanan, seberapa tajam tikungan dan sebagainya.
Kedua tugas dan tanggung jawab driver dan co-driver sama-sama penuh adrenalin tinggi, penuh tekanan dan harus mempunyai tingkat kesabaran yang tinggi. Untuk menjadi driver dan co-driver dibutuhkan latihan yang intens juga jam terbang yang tinggi. Dibutuhkan juga waktu lama untuk bisa kedua belah pihak antara driver dan co-driver menjadi tim yang solid.

No comments:

Post a Comment