Wednesday, October 17, 2012

Menjadi diri anda sendiri

Berikut adalah 10 cara untuk menjadi diri anda sendiri.

1. Temukan diri Anda dan definisikan diri Anda dengan kemampuan Anda
Untuk menjadi diri sendiri anda harus dulu mengerti dan menerima diri anda sendiri. Carilah tujuan anda dulu, dengan cara merenung akan diri sendiri adalah cara yang terbaik untuk mengetahuinya. Dan anda juga harus terlebih dahulu merasa nyaman dengan diri anda sendiri.

  
2. Hindari terpaku pada masa lalu
Salah satu hal yang sulit untuk menjadi diri sendiri adalah menentukan keputusan siapa anda di dalam momen atau periode waktu tertentu. Anda harus memaafkan apa yang sudah terjadi di masa lalu anda dan jadikanlah sebuah pelajaran yang berharga, sehingga anda tidak kembali kepada hal yang membuat diri anda berubah, biarkan semuanya tumbuh dan berjalan apa adanya.


3. Berhenti peduli tentang bagaimana orang menilai dan melihat Anda
 Janganlah anda mempunyai pikiran bahwa orang lain akan menilai dan mengatakan hal yang tidak baik menurut pikiran anda. Lepaskanlah kekuatiran itu. Anda bahkan berusaha untuk menyenangkan seseorang, namun setiap orang itu berbeda- beda. Seharusnya anda bangun bakat dan kelebihan anda itu.

 4. Bersikaplah jujur ​​dan terbuka
 Kita semua mempunyai kekuarangan dan hal itu akan kita sembunyikan, baik emosional atau secara fisik. Janganlah anda menyalahkan diri anda sendiri karena kekurangan itu, anda harus mengerti dengan kekurangan anda itu. Anda harus mengubahnya, dekatilah kekurangan itu dan jujurlah kepada diri sendiri. Jelaskanlah filsafat ini kepada orang lain bahwa ada perbedaan antara kritis dan jujur itu.

5. Bersikap santai
Berhentilah kuatir terhadap sesuatu hal terburuk menimpa anda. Misalnya anda terpeleset di suatu kerumunan banyak orang. Belajarlah tertawa kepada diri anda sendiri ketika terjadi dan setelah terjadi. Mereka juga tahu bahwa anda tidak sempurna dan mungkin mereka juga bisa mengalaminya jika tidak hati- hati. 

 6. Perlakukan diri Anda seperti anda perlakukan teman baik Anda
Seperti anda menghargai teman dekat anda, maka hargailah diri anda sendiri seperti itu. Cintai seperti anda mencintai sahabat anda. Cobalah anda untuk bergaul dengan diri anda sendiri untuk satu hari saja, lalu lakukanlah seperti yang anda lakukan dengan sahabat dekat anda itu.

7. Kembangkan dan ekspresikan kepribadian anda
Mungkin gaya anda akan beda, cara berbicara anda berbeda, latihlah dan sukai diri anda itu. Anda harus bangga dengan hal itu dan jadikanlah sebuah karakter anda dan bukan tipe anda. Semakin baik anda meng ekspresikannya maka semakin mudah orang untuk menyukai anda. 

 8. Jangan membandingkan diri Anda sendiri dengan orang lain
Jika anda selalu membanding diri anda dengan yang lain, maka anda tidak pernah akan bahagia. Biarpun anda melihat mereka sangat sempurna menurut anda, tetapi sebetulnya belum tentu dalam kenyataannya sempurna. Sebaiknya anda rangkul kelemahan anda, munculkan kelebihan anda karena dengan begitu anda bisa menjadi diri sendiri.

9. Ikuti gaya anda sendiri
Hindari meniru gaya dan cara orang lain. Sesuatu hal yang tidak biasa anda lakukan, maka akan timbul perubahan dan ketidak nyamanan pada diri anda.  Menjadi berbeda adalah suatu hal yang indah, dan jangan sampai orang lain merubah diri anda.

10.Inilah saya
Mungkin orang akan aneh melihat anda, namun jangan kuatir, karena inilah saya, lalu kenapa? Kadang- kadang kita perlu untuk mengabaikannya. Nanti juga mereka akan menghargai anda dengan cara anda tetap menjadi diri anda sendiri.

 

No comments:

Post a Comment