Monday, October 15, 2012

3 proses hidup yang saling berkaitan

Ada 3 proses hidup yang tidak bisa kita hindari dan ketahui.


1. Takdir
yang bisa disebut dimana manusia dilahirkan, bahwa seseorang itu seperti anda sendiri tidak dilahirkan karena keinginan anda kan?
Lalu kematian yang tidak pernah kita akan tahu kapan, dimana dan bagaimana.

2. Rejeki
adalah salah satu hal yang tidak diketahui datangnya kapan, bagaimana dan darimana. Secara menyeluruh dan umum bisa berupa, seseorang bekerja lalu mendapatkan penghasilan, seseorang berdagang, seseorang berkarya dan lain sebagainya.
3. Jodoh
adalah proses hidup yang misterius. disini akan ada pertanyaan "kenapa harus dia", "kenapa tidak dia" dan "kenapa harus terjadi sekarang".

Tahukah anda bahwa jodoh seseorang itu bukan hanya menyangkut, kecocokan secara pribadi masing- masing pasangan, jatuh cinta, kasih sayang, rasa kasihan, kecantikan atau ketampanan? Dibalik semua itu ada tujuan dan maksud yang besar dan panjang, dan jodoh adalah bagian dari perjalanan hidup seseorang.

Ketika seseorang mendapatkan jodohnya artinya seseorang itu akan menelusuri jalan hidupnya seperti yang sudah ditakdirkan. Bukan hanya menyangkut dua sisi anda dan pasangan anda, namun ada suatu "urusan" yang akan mereka temui dan lalui bersama melibatkan orang lain, dunia luar anda, pekerjaan anda, keturunan anda, orang tua anda dan lain- lainnya. Hal ini sangat luas sekali aturan dan skenarionya.  Seseorang itu sudah bagian dari "Grand Design" Sang Pencipta. Ketika kita dilahirkan, kita nanti akan menjadi sesuatu atau kalau bekerja dan mendapatkan rejeki akan di tempat itu, kemudian jodoh anda itu ternyata si dia. 

Contohn keterkaitan satu sama lainnya adalah, 

1. Menurut proses kelahiran
Mungkin anda itu suatu saat akan menolong seseorang yang akan tenggelam di danau, atau anda itu akan menyelamatkan nyawa seseorang dari penyakit jantung, atau anda itu yang akan mengurus orang tua karena suami anda atau istri anda bekerjanya jauh dan lain sebagainya.

2. Menurut proses rejeki
Kenapa anda harus menjadi seperti sekarang, atau kenapa anda  harus bekerja di perusahaan itu?, mungkin karirnya akan cepat naik, kemudian bisa mempunyai penghasilan lebih sehingga suatu saat ketika orang tuanya jatuh sakit atau anaknya jatuh sakit memerlukan biaya besar, anda bisa mengatasinya. Atau kenapa anda  mempunyai penghasilan kecil? Mungkin suatu hari beban yang akan anda pikul tidaklah terlalu berat atau penyakit yang anda derita tidak memerlukanbiaya besar untuk operasi. Bisa juga kenapa usaha anda sangat maju dan harus berjualan barang bekas? atau mengalami bangkrut. Yang pastinya nanti bisa terbuktikan bahwa apa yang sudah Tuhan berikan akan menjadi hal yang benar dan hal itu bukan hanya untuk anda namun di sekeliling anda juga terpengaruh oleh situasi dan proses tersebut. Semuanya saling berkaitan tidak ada yang hanya kebetulan.

3. Proses Jodoh
Pernahkan seseorang merasa bahwa seseorang itu kenapa bisa jadi pasangan hidup kita? Ada beberapa orang yang bisa merasakan semua hal- hal manis dalam perjodohan, namun ada yang tidak bisa dimengerti namun akhirnya jodoh seseorang harus jatuh dengan dia. Mungkin suatu saat pasangan hidup kita ini yang akan tinggal bersama orang tua kita dan mengurus mereka sampai akhir hayatnya, atau juga alasannya karena akan terjadi sesuatu dalam keluarga kita dan pasangan hidup kita inilah yang akan menolongnya. 

Tidak ada yang akan kita ketahui apa rencana- rencana semua itu terkecuali sudah terjadi.Setiap tiga proses itu ada pelajaran dan ilmu yang harus diketahui sehingga berjalan harmonis dan sesuai aturannya.
Pahit dan manis, bagus dan tidaknya adalah bagian proses- proses tadi, oleh sebab itu hidup harus seperti air yang mengalir di sungai dari hulu ke hilir dan ditengah- tengahnya ada sebuah rintangan dan halang namun pada akhirnya tetap mengalir juga sampai di tempat tujuan.

No comments:

Post a Comment