Wednesday, December 5, 2012

Cara mengetahui irit atau boros kendaraan Anda




Anda sering mendengar bahwa kendaraan ini irit dipergunakannya, tentunya yang dimaksud adalah mesin- mesin tersebut diukur tingkat konsumsi bahan bakar dan jarak tempuhnya. Bagaimana untuk mengetahui apakah kendraan Anda itu irit atau boros?

Coba lakukan ini dengan mengisi penuh tangki bahan bakarnya.
Catat angka KM pada kendaraan Anda (C)
Mulailah mengemudi dengan catatan perilaku berkendara juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Gunakanlah "smart Driving".
Kemudian isi penuh lembali bahan bakar dan jangan lupa kali ini berapa liter jumlah yang dihabiskan (A). Anda dapat melihatnya dari meter mesin pengisian bahan bakarnya (SPBU), kemudian jangan lupa catat angka KM di kendraan Anda setelah mengisi bahan bakar tadi (B)

Rumus yang bisa Anda gunakan;

B  -  C = D
    A

Contoh penjelasannya
Ketika mengisi bahan bakar dengan penuh, angka di KM menunjukan 3244, setelah kendaraan digunakan dan mengisi kembali bahan bakar, angka pengisian bahan bakar 8,5L dan KM menunjukan angka 3597,6
Dengan kondisi seperti maka tingkat konsumsi BBM adalah
(3597,6 - 3244)  = 41,6 km/L
     km/ 8,5L
Artinya 1 liter bahan bakar yang dipergunakan untuk menempuh  jarak 41,6 km


Atau secara mudah bisa Anda lakukan langkah berikut;

Jalankan kendaraan Anda di jalan lurus yang datar (Sebaiknya jalan toll/ bebas hambatan) dengan kecepatan konstan 100 km/jam pada posisi gigi lima. Kemudian perhatikan jarum angka RPM. Jika jarum tersebut berada di angka 3000 atau kurang berarti kendaraan Anda termasuk irit bahan bakar dan kira- kira konsumsinya 1:10 untuk dalam kota dan 1: 16 untuk luar kota. Kalau jarum lebih dari rpm 3000 artinya termasuk boros.

No comments:

Post a Comment