Wednesday, December 5, 2012

Berkendara aman disaat hujan



Yang pasti suasana saat cerah berbeda dengan saat cuaca hujan, terutama disaat hujan deras disertai kilat dan guntur. Setiap pengemudi harus ekstra waspada terhadap sekitar jalan dan pengguna jalan lainnya. Keterbatasan pandangan dan belum lagi keadaan jalan perlu diperhatikan juga.

Pastikan Anda mengecek tekanan ban dan kondisi ban
Sebetulnya tidak hanya musim hujan saja wajib di perhatikan namun saat musim hujan memang lebih berat lagi beban ban karena harus melibas air dan kemungkinan permukaan jalan licin.

Pastikan rem aman
Perlu di cek apakah rem mobil Anda dalam keadaan bagus dan tidak mengalami masalah jika tergenang air.

Biasakan untuk menyalakan lampu
Terutama saat hujan deras sehingga mempunyai keterbatasan pandangan ke depan. Sebaiknya nyalakanlah lampu utama atau lampu kabut sehingga visibilitas Anda dan kendaraan lainnya terlihat dari jarak tertentu menghindari tabrakan yang mendadak.

Bersihkan kaca depan
Hal ini sangat penting untuk keselamatan Anda terutama mengemudi di malam hari. Sebaiknya bersihkan dahulu kaca depan sebelum pergi dan gunakan AC di dalam kendaraan Anda untuk mencegah kabut.

Jaga jarak dengan kendaraan lain
Selain jarak pandang yang terbatas, maka sebaiknya jaga jarak dengan kendaraan lain untuk menghindari tabrakan dan menginjak rem secara mendadak.

Waspada dengan genangan air
Jika menemukan genangan air sebaiknya kurangi kecepatan karena Anda tidak tahu apakah ada lubang atau bisa menyebabkan mesin terbenam genangan air, batas genangan air jangan lebih dari bawah pintu mobil Anda. Genangan air yang dalam juga bisa menyebabkan kemudi tidak terkontrol bahkan bisa ban mengalami slip (Aqua plane) ketika melibas genangan tersebut dengan kecepatan tinggi.








No comments:

Post a Comment