Sunday, September 30, 2012

Waspada Pasangan kita tidak mau berhubungan intim



Perlu kita ketahui dan waspadai jika pasangan kita tidak mau berhubungan intim, apalagi kalau sudah menganggap hal itu sudah tidak menarik lagi untuk dilakukan. Kemungkinan tidak ada hasrat berhubungan intim berkaitan dengan gangguan fungsi seksual. Menurut pakar seksologi, penyebab gangguan hormon bisa beragam, bisa karena penyakit atau faktor fisik. Gangguan fungsi seksual dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pola hidup yang tidak sehat, melakukan diet yang tidak sehat. 80 persen faktor menurunnya libido disebabkan oleh faktor gangguan fisik, dan sisa-nya disebabkan oleh gangguan psikis.  
Ada tiga hal masalah seksual itu,

1. Disebabkan kurangan-nya nutrisi.
Nutrisi mempunyai andil yang besar terhadap libido atau gairah seksual. Kurangnya gairah seksual bisa disebabkan oleh penurunan hormon testosteron. Penyebabnya adalah karena kurang-nya asupan nutrisi pada tubuh kita karena kita meng-konsumsi makanan yang tidak bergizi dan tidak seimbang. Hormon testoteron ini sangat dibutuhkan untuk fungsi seksual dan libido. Tubuh kita memerlukan jumlah protein untuk meningkatkan hormon testoteron ini. Selain nutrisi yang kita butuhkan, kita juga perlu protein dan kadar kolestrol yang baik untuk meningkatkan kadar hormon kita.

2. Disebabkan karena penyakit.
Jika kita tidak bergairah melakukan hubungan intim bukan berarti kita kekurangan nutrisi. Disamping faktor nutrisi kemungkinan ada faktor lain yaitu penyakit fisik. Bagi seseorang yang mengalami gangguan fungsi seksual harus diperiksa secara menyeluruh.  Karena jika bukan masalah nutrisi maka perlu dicari gangguan- gangguan lainnya. Bisa jadi disebabkan oleh penyakit tertentu.

3. Paska trauma.
Pengaruh psikis pada penurunan gangguan seksual tidak-lah terlalu besar. Tetapi hal ini bisa berpengaruh dan nyata. Dugaan bisa muncul yang disebabkan karena mengalami trauma dalam berhubungan intim atau trauma yang berkaitan dengan hubungan intim.
Contohnya pernah mengalami perkosaan, pernah disakiti, atau pengalaman yang tidak menyenangkan dengan pasangan-nya di masa lalu baik pengalaman hubungan intim atau bisa juga perasaan. Untuk pasangan yang sudah menikah bisa disebabkan karena faktor menikah dengan seseorang yang kita tidak cintai, atau menikah karena faktor uang. Atau bisa juga karena pernikahan yang hanya berlandasan cinta saja tanpa seks, karena hanya berdasarkan rasa sayang saja terhadap pasangan itu, komunikasi yang buruk antara pasangan suami istri, karena tidak adanya kepedulian terhadap pasangan-nya, kegelisahan, depresi, stress,
Jadi kesimpulannya adalah, penurunan gairah seksual didominanasi oleh faktor fisik.
Jika kita mengalami gangguan fungsi seksual atau tidak ada hasrat berhubungan intim, sebaiknya segera konsultasi ke dokter ahli untuk mengetahui penyebab-nya dan mendapatkan solusinya.

 
 

No comments:

Post a Comment