Wednesday, October 31, 2012

Air bisa berubah menjadi Emas


Sepertinya ini hal yang tidak mungkin, namun baru- baru ini ada sebuah Perusahaan dari Prancis  bisa merubah air menjadi emas. Yang mereka lakukan adalah mengekstrak limbah cair dari industri seperti logam langka atau semacam benda yang berharga.
Menurut salah satu pendiri Magpie Polymer, Steve van Zutphen dari Belanda dan Etienne Almoric dari Prancis, "Kami hanya mnedapatkan satu microgram per liter", kalau dibandingkan setara dengan satu sendok teh gula dalam kolam renang besar ukuran Olimpiade.
Proses ekstraksi emas ini dilakukan menggunakan bijih plastik resin. Ketika limbah itu cair kemudian dialirkan ke bijih plastik tersebut. Beberapa logam berharga seperti Paladium, Rodium, Platina dan Emas akan melekat ke bijih plastik tersebut. Contohnya ponsel adalah salah satu benda yang banyak mengandung kandungan tersebut. Menurut Almoric, Satu liter plastik resin bisa dipakai untuk memproses 5 sampai 10 meter kubik limbah dan bisa diambil 50 sampai 100 gram logam berharga setara dengan 5000 Euro. Menurut Steve van Zutphen, " Yang bikin rumit adalah jumlahnya yang sangat kecil, sangat sulit diambil". Setelah dihancurkan dengan limbah industri dan dipisahkan, kandungan tersebut harus dicampur dengan asam dalam air. Lalu kemudian logan di air harus di ambil, baik yang berharga maupun tidak. Tehnologi Magpie ini juga bisa digunakan untuk membuang logam yang berbahaya seperti Merkuri, Timah, Kobalt, Uranium dan Perunggu.

Perusahaan ini berada di tenggara Paris tepatnya di Saint- Pierre les Nemours. Mereka mempunyai peralatan tehnologi yang canggih dengan dukungan dari Ecole Polytechnique sejak tahun 2007.  Perusahaan ini memiliki pendapatan sekitar 500 ribu Euro dan memiliki 6 staff ahli dan tersebar di Eropa seperti di Prancis, Inggris, Belgia, Swiss, segera hadir juga di Jerman dan Spanyol.

 

No comments:

Post a Comment