Tuesday, October 16, 2012
Mengenal Rally Dunia
Even ralli dunia ini diperkenalkan FIA pada tahun 1997 dan syaratnya mobil harus yang terus 4WD, me-modifikasi mesinnya, menggunakan perangkat turbo kecil untuk mesin 2 liter. FIA juga membatasi jumlah peserta ralli ini yang hanya sekitar 50 buah saja.
Berikut adalah beberapa syarat bagi peserta dapat merubah atau me-modifikasi mobilnya;
1. Modifikasi letak suspensi depan dan belakang dan titik lampirannya.
2. Menggunakan add on perangkat turbo, walaupun mobil tersebut non turbo.
3. Bagi mobil yang belum 4WD, bisa melakukan modifikasi bagian transmisi agar bisa menjadi 4WD sehingga "differentials" dan "gearbox" bebas.
4. Modifikasi mesin "intake" dan sistem pembuangan
5. Modifikasi posisi mesin seperti memindahkan posisinya yang hanya boleh sebanyak 20mm dari posisi semula. dan dapat dimiringkan sebanyak 20 derajat saja dari sumbu "crankshaft".
6. Modifikasi "wheelbase" lebih kurang sebanyak 20mm, dan untuk lebar "track" maksimal 1550mm.
7. lebar mobil batas maksimumnya adalah 1.770mm
8. Dan ukuran panjang minimum 4000mm.
Berikut adalah mobil- mobil ralli dalam group A
Berikut adalah posisi untuk di group N yang tidak diperbolehkan untuk memodifikasi mobil:
1. Sistem pengereman bantalan rem dan selang
2. internal mesin
3. Suspensi tata letak dan geometri (bagian seperti per dan shockbreaker dapat dirubah posisi naik tinggi dan rendahnya)
4. Gearbox dan gigi rasio
5. Diferensial
6. Final drive ratio
Berikut contoh mobil- mobil ralli di group N
FIA telah mengumumkan revisi utama untuk peraturan teknis mobil ralli dunia untuk tahun lalu yaitu 2011, dengan World Motor Sport Council, menyatakan bahwa mesin 1600cc dilengkapi turbo akan digunakan sebagai pengganti aturan mobil yang "naturally aspirated" dua liter yang telah disetujui..
Kemudian ada regulasi baru untuk jenis mesin Super 2000 tentang peraturan untuk transmisi dan elektronik. Dan penyelenggara juga memperhitungkan masalah aerodinamika mobil ralli tersebut.
Penyelenggara acara juga menawarkan untuk mengizinkan mobil ralli lebih dari dua, tiga bahkan empat hari, tetapi para pembalap ini diharuskan tiba di garis finish pada hari Sabtu atau Minggu.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment